Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Isbal Saat Shalat



Pertanyaan :
Apakah orang yang melakukan isbal shalatnya batal? Dan bagaimana keshahihan hadits “Allah tidak menerima shalatnya orang yang melakukan isbal”?
Dijawab oleh : Ustadz Saeed Albandunjie Abu Yaman As-Salafy hafidzhahullah
Isbal adalah menjulurkan pakaian seperti sarung, celana atau gamis sampai di bawah mata kaki. Pelakunya dinamakan musbil. Dan dia haram secara mutlak baik sombong atau tidak sombong dalam sholat atau di luar sholat.

Adapun tentang permasalahan di dalam sholat, apakah sholatnya diterima atau tidak?
Maka telah datang hadits dari Abu Hurairoh yang diriwayatkan Abu Daud dalam Sunan-nya dan Ahmad dalam Musnad-nya dan Al-Baihaqi dalam Sunan Al-Kubro, semuanya dari jalan Aban, Yahya bin Abi Katsir, Abu Ja'far, 'Atha bin Yasar, dari Abu Hurairah :
قال بينما رجل يصلي مسبلا إزاره إذ قال له رسول الله صلى الله عليه وسلم اذهب فتوضأ فذهب فتوضأ ثم جاء ثم قال اذهب فتوضأ فذهب فتوضأ ثم جاء فقال له رجل يا رسول الله ما لك أمرته أن يتوضأ ثم سكت عنه فقال إنه كان يصلي وهو مسبل إزاره وإن الله تعالى لا يقبل صلاة رجل مسبل إزاره.
Ada seseorang yang shalat dalam keadaan isbal (pakaiannya melewati mata kakinya). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata padanya, “Pergi dan kembalilah berwudhu.” Lalu ia pergi dan berwudhu kemudian datang kembali. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masih berkata, “Pergi dan kembalilah berwudhu.” Kemudian seseorang bertanya, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau memerintahkan padanya untuk berwudhu, lantas engkau diam darinya?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Ia shalat dalam keadaan isbal  (pakaiannya melewati mata kakinya), padahal Allah tidak menerima shalat dari orang yang isbal.” 
Hadits ini dhoif dari berbagai sebab :
1. Abu Ja’far dan dia adalah al-Anshori al-Madani majhul tidak dikenal .
2. ‎Aban dan dia adalah al-Athar telah diselisihi oleh Harb bin Syaddad saat meriwayatkan dari Yahya dari Ishaq dari Abu Ja'far. Namun dari rojulin dari shohabat tanpa menyebut Abu Hurairoh.
Yang jelas hadits tentang tidak diterima shalat seseorang yang isbal saat shalat, hukumnya dhoif dan telah didhoifkan oleh 2 muhadits zaman ini yaitu :
1. Al-Muhaddits Assyeikh al-Albani dalam Silsilah Adhoifah 6/128 dan
2. ‎Al-Muhaddits Syeikh kami Muqbil Al-Wadi’i rahimahumallah.
✍️ Berkata Syaikh kami Al-Imam Al Muhaddits Muqbil bin Hadi Al Wadi’iy -rahimahullah :
Perbuatan isbal (menjulurkan pakaian di bawah mata kaki) adalah haram, adapun hukum shalatnya tidak batal. Perbuatan isbal diharamkan baik di dalam shalat maupun di luar shalat.
Adapun hadits yang disebutkan tersebut (tidak diterima sholat orang yang musbil), sudah lama saya melewatinya, maka seingat saya bahwa hadits tersebut diriwayatkan melalui jalur Abu Ja’far dan dia adalah orang yang majhul (tidak dikenal), sehingga hadits tersebut tidaklah shahih.
Akan tetapi isbal itu sendiri hukumnya haram. Nabi ﷺ bersabda : “Allah tidak akan melihat (dengan pandangan rahmat) kepada orang yang menjulurkan pakaiannya (sampai ke bawah mata kaki) dalam keadaan sombong.”
Dan beliau juga bersabda : “Hati-hatilah kalian dari menjulurkan sarung, celana gamis dll karena itu termasuk kesombongan”.
Dan juga hadits : “Tiga golongan yang tidak akan diajak bicara dan tidak akan dilihat oleh Allah serta mereka akan mendapatkan adzab yang pedih,” -salah satunya adalah- “orang yang melakukan isbal”
📚 Saya akhukum Saeed Al-Bandunjie menukil dari kitab Gharatul Asyrithah (2/300)
┉┉✽̶»̶̥▪️»✽̶┉┉
حكم صلاة المسبل
للإمام المحدث مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله
السؤال:
هل صلاة المسبل باطلة ، وما صحة حديث : لا يقبل الله صلاة مسبل ؟
الإجابة:
الإسبال محرم ، والصلاة ليست باطلة ، وهو محرم في الصلاة وفي غيرها . وأما ذلك الحديث فالذي أذكره وأنا بعيد عهد به أنه من طريق أبي جعفر وهو مجهول ، فالحديث ليس بصحيح . لكن الإسبال نفسه محرم ، يقول النبي – صلى الله عليه وعلى آله وسلم – : ” لا ينظر الله إلى من جر إزاره خيلاء ” ، ويقول : ” إياك وإسبال الإزار فإنه من المخيلة ” ، وحديث : ” ثلاثة لا يكلمهم الله ولا ينظر إليهم ولهم عذابٌ أليم – منهم – : المسبل ” .
📚 *راجع كتاب : ( غارة الأشرطة 2 / 300 .

**************************************
Join Channel Telegram
t.me/Saeedalbandunjie

Jika linknya tidak bisa di-klik, search akun @Saeedalbandunjie

Website : http://mahadmuqbilalwadii.com
Facebook : Thabib Said & Ma'had Muqbil Alwadi'i
Streaming : http://128.199.149.39:21017  

Posting Komentar untuk "Hukum Isbal Saat Shalat"