Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Shalat Tathawwu

Apa Itu Shalat Tathawwu



Definisi Shalat Tathawu'

Definisi secara bahasa, shalat bermakna doa. Dan tathawwu' bermakna kesanggupan melakukan ketaatan, mendermakan suatu perkara kebaikan yang tidak wajib, atau tambahan yang bukan wajib.

Sedangkan definisi secara syar'i, shalat bermakna ucapan dan perbuatan yang kunci pembukanya adalah thaharah (bersuci), yang mengharamkannya adalah takbir, dan yang menghalalkannya adalah salam. Dan tathawwu' bermakna tambahan terhadap sesuatu yang wajib dengan hak Islam, sama saja apakah tambahan tersebut hukumnya wajib ataupun tidak.

Yang dimaksud shalat wajib dengan hak Islam adalah shalat lima waktu sehari semalam, yaitu Subuh, Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya'. Yakni hal tersebut merupakan hak Islam dan kewajiban seorang muslim tanpa terkecuali sesuai waktu yang telah ditentukan. Dan shalat tathawwu' adalah tambahan terhadap shalat lima waktu tersebut, sama saja apakah shalat tambahan tersebut hukumnya wajib atau tidak.

Hal tersebut berdasarkan Hadits  Thalhah bin 'Ubaidillah bahwa ia berkata: "Seseorang dari penduduk Nejed yang kusut rambutnya datang menemui Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Kami mendengar gaungan suaranya, tapi kami tidak paham apa yang dikatakannya sampai ia mendekati Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan bertanya tentang Islam. Lalu Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: 'Islam itu adalah sholat lima kali dalam sehari semalam'. Orang itu bertanya: 'Apakah masih ada bagiku kewajiban yang lain?'. Beliau menjawab: 'Tidak ada, kecuali jika engkau melakukan tathawwu''..." (HR. Al Bukhari)

Kesimpulan :
Shalat Tathawwu' adalah tambahan terhadap shalat lima waktu, sama saja apakah shalat tambahan tersebut hukumnya wajib atau tidak.

Wallahu a'lam

Referensi :
Bughyatul Mutathawwi' fii Shalatit Tathawwu' karya Syaikh DR. Muhammad bin Umar bin Salim Bazmul

Terjemah kitab tersebut : Sifat Shalat-Shalat Sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam - Penerbit Ash Shaf Media

Kajian Rutin Ba'da Zhuhur oleh Ustadz Askary, Pembahasan Kitab Bughyatul Mutathawwi' fii Shalatit Tathawwu'. Bisa didengarkan di : Definisi Tathawwu' Bag 1 dan Definisi Tathawwu' Bag. 2

Posting Komentar untuk "Apa itu Shalat Tathawwu"