Rabu, 11 Maret 2020

Biasakan Tebarkan Salam


Ditulis oleh : Ustadz Askary hafizhahullah

Saudaraku Muslim!

Termasuk diantara hal yang menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang diantara kita adalah menebarkan salam. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam  bersabda:

« لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا.أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ ».

"Kalian tidaklah masuk ke dalam surga hingga kalian beriman, dan kalian tidak beriman hingga kalian saling cinta- mencintai. Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang apabila kalian melakukannya akan menumbuhkan rasa cinta diantara kalian? Tebarkan salam diantara kalian."
(HR.Muslim)

Jangan kikir untuk mengucapkan salam, walaupun kepada orang yang engkau tidak mengenalinya. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam  ditanya: Islam apakah yang terbaik? Maka beliau menjawab:

« تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ »

"Engkau memberi makan, dan engkau mengucapkan salam baik kepada orang yang engkau kenali dan yang tidak engkau kenal."
(Muttafaq Alaihi)

Mari kita saling menasehati dalam menghidupkan amalan mulia ini
Barakallahu fiikum.

MENGUCAPKAN SALAM DISAAT BERTEMU KEMBALI
Karena pentingnya menebarkan salam, syariat islam senantiasa menganjurkan kaum muslimin agar mereka melakukannya setiap awal kali bertemu, meskipun perpisahan terjadi dalam waktu yang sangat singkat, dan meskipun terpisah oleh dinding, pohon, dan yang semisalnya, lalu bertemu kembali, maka dianjurkan untuk kembali mengucapkan salam. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

إِذَا لَقِىَ أَحَدُكُمْ أَخَاهُ فَلْيُسَلِّمْ عَلَيْهِ فَإِنْ حَالَتْ بَيْنَهُمَا شَجَرَةٌ أَوْ جِدَارٌ أَوْ حَجَرٌ ثُمَّ لَقِيَهُ فَلْيُسَلِّمْ عَلَيْهِ أَيْضًا.

"Apabila salah seorang kalian bertemu saudaranya (muslim), maka hendaknya ia mengucapkan salam kepadanya. Apabila ada pohon yang menjadi penghalang diantara keduanya, atau dinding, atau batu, lalu dia menemuinya kembali, maka hendaknya dia mengucapkan salam pula kepadanya."
(HR.Abu Dawud)

Berkata Ath Thibi Rahimahullah: "Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk mengucapkan salam meskipun berulang kali di saat terjadinya perubahan kondisi dan bagi setiap yang datang."
Berkata Al-Munawi Rahimahullah: "Perintah untuk mengucapkan salam meskipun perpisahannya singkat dengan mengucapkan salam yang kedua, ketiga dan bahkan lebih dari itu." Ada yang mengatakan: "Menebarkan salam menghilangkan kedengkian dengan usaha yang paling mudah . serta menumbuhkan persaudaraan dengan pemberian yang paling ringan."
(Faidhul Qadir:1/ 436)

Semoga Allah Ta'ala senantiasa menjadikan kita sebagai hamba- hamba-Nya yang bersaudara karena-Nya.

JANGAN BERSEDIH KETIKA UCAPAN SALAM MU TIDAK DIBALAS
Terkadang engkau menemui orang yang tidak menjawab ucapan salam yang engkau sampaikan kepadanya, apakah karena dia tidak terbiasa menjawab ucapan salam, atau mungkin disebabkan karena ada penyimpangan dalam memahami Islam yang benar, sehingga dia enggan menjawab ucapan salam kecuali yang sepaham dengannya. Jangan bersedih dan tetaplah mengucapkan salam, sebab bila dia tidak menjawab ucapan salam yang engkau sampaikan, maka ada ciptaan Allah Ta'ala yang jauh lebih mulia darinya yang akan menjawab salam tersebut, yaitu para malaikat. Hal ini diterangkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam sabdanya:

وَإِنْ سَلَّمَ فَلَمْ يَقْبَلْ وَرَدَّ عَلَيْهِ سَلاَمَهُ ، رَدَّتْ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ ، وَرَدَّ عَلَى الآخَرِ الشَّيْطَانُ

"Apabila dia mengucapkan salam, lalu yang lain tidak menerimanya dan menolak membalas ucapan salamnya, maka para malaikat yang membalas salam tersebut kepadanya, dan Setan membalas kepada yang lainnya (yang enggan membalas ucapan salam."
(HR.Ahmad dan Ibnu Hibban)

Bergembiralah dengan balasan malaikat kepadamu, walhamdulillah.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: