Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Wanita Mengusap Kepalanya Ketika Wudhu




As-Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin  - رَحِمَهُ اللّٰهُ تَعَالَىٰ - :

Pertanyaan:
Apakah mengusap kepala bagi wanita seperti lelaki? Dan apa yang dilakukan apabila rambutnya panjang? Apakah mengusapnya hingga ke ujungnya dan kembali, atau cukup mengusapnya hingga batasan kepala lelaki?

Jawaban:
Wajib untuk kita ketahui bahwa hukum-hukum syariat seragam antara wanita dengan lelaki dan lelaki dengan wanita, kecuali jika adanya dalil yang membedakan antara keduanya, dan berdasarkan hal ini maka seorang wanita disyariatkan baginya dalam mengusap kepala apa yang disyariatkan bagi lelaki.

Sehingga dia letakkan kedua tangannya di bagian depan kepala, kemudian dia menolaknya hingga ke bagian tengkuknya kemudian mengembalikannya lagi ke tempat dimana dia memulai darinya, sebagaimana dilakukan kaum lelaki, dan tidak harus dia mengusap hingga ke bagian paling bawah kepala, akan tetapi dia mengusap hingga ke batasan tumbuhnya rambut kepala, dan demikian halnya dengan kaum lelaki apabila dia memiliki rambut yang panjang hingga ke pundak, maka dia tidak harus mengusapnya melainkan sebatas tempat tumbuhnya rambut kepala saja. |«

Silsilah Al-Liqa As-Syahri, Al-Liqa As-Syahri [1]

==========================================

كيفية مسح المرأة لرأسها في الوضوء

 السؤال:

 هل مسح الرأس للمرأة مثل الرجل؟
وماذا تفعل إذا كان شعرها طويلاً ؟
هل تمسحه إلى نهايته وترجع،
أم يكفي مسحه إلى حد رأس الرجل؟

 الجواب:

 يجب أن نعلم أن الأحكام الشرعية تتفق فيها النساء مع الرجال والرجال مع النساء، إلا ما قام الدليل على التفريق بينهما، وعلى هذا فالمرأة يشرع لها في مسح الرأس ما يشرع للرجل، فتضع يديها على مقدم الرأس، ثم تردهما إلى قفاه ثم تردهما إلى المحل الذي بدأت منه، كما يصنع الرجل، ولا يلزمها أن تمسح إلى أسفل الرأس، بل تمسح إلى حد منابت الرأس، وكذلك الرجل إذا كان له شعر طويل إلى الكتفين، فإنه لا يلزمه أن يمسح إلا على قدر منابت الشعر فقط.

المصدر: سلسلة اللقاء الشهري > اللقاء الشهري [1]


http://t.me/butiranfaedah/2884

Posting Komentar untuk "Cara Wanita Mengusap Kepalanya Ketika Wudhu"