Selasa, 30 Maret 2021

Kesalahan Orang Yang Berpuasa (2) - Berat Hati dengan Datangnya Bulan Ramadhan




Kesalahan Kedua :
Merasa Berat Hati dengan Masuknya Bulan Ramadhan. 

Fadhilatusy Syaikh Prof. Dr. Ahmad bin Umar Baazmul hafizhahullah berkata :


Maka keadaan orang yang berpuasa tidak merasa mendapatkan nikmat dan karunia Allah atasnya dengan menyampaikannya kepada bulan yang agung ini (Ramadhan) sungguh hal itu termasuk kesalahan-kesalahan yang kita dapati dari sebagian orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. 

Maka engkau akan mendapati sebagian mereka merasa berat dengan masuknya bukan Ramadhan dan merasa sempit hatinya karenanya dan ia senang dengan berakhirnya bulan tersebut, dan sebagian yang lain masuk atasnya bulan Ramadhan dalam keadaan seolah-olah tidak ada kedudukan dan tidak ada harganya bulan tersebut bagi dirinya sehingga ia tidak memanfaatkan waktu-waktunya dalam melakukan ketaatan-ketaatan bahkan ia memanfaatkan waktunya pada hal-hal yang mubah jika tidak pada hal-hal yang diharamkan. 

Dan perasaan yang mati ini bisa menghalangi pemiliknya untuk mendapatkan kelezatan ibadah dan semangat dalam melakukannya serta menghalangi dari upaya untuk memperbanyak ibadah tersebut. 

- Baca juga : Nasehat Menyambut Ramadhan

Sesungguhnya keadaan orang yang berpuasa merasakan akan pentingnya bulan ini bisa berpengaruh besar pada puasa dan qiyam yang ia lakukan sehingga ia tidak akan menyia-nyiakannya dan tidak akan lalai darinya bahkan ia akan menyibukkan malam dan siangnya dalam ketaatan kepada Allah dan meraih keridhaanNya; dikarenakan bulan tersebut merupakan musim yang agung yang Allah jadikan di dalamnya berupa kebaikan-kebaikan dan rahmat-rahmat yang hanya Allah yang mengetahuinya. 

Dan bagaimana bisa seorang mukmin lalai dari bulan yang mulia ini dan bagaimana bisa ia menyia-nyiakan kesempatan yang agung ini, barangkali sebabnya adalah ketidaktahuannya terhadap apa yang datang dalam sunnah Nabi shallallahu alaihi wasallam berupa penjelasan tentang keutamaan bulan ini dan kekhususan-kekhususannya, diantaranya adalah :

1. Pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup dan syaithan-syaithan dirantai dan dibelenggu. 

2. Dan pahala puasa di bulan ini sangatlah besar di sisi Allah maka Allah yang akan membalasnya dan bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi daripada aroma minyak misk. 

3. Dan bulan Ramadhan adalah bulan dimana malaikat menyeru : wahai pencari kebaikan lakukanlah dan wahai pencari kejelekan berhentilah dan di setiap malam Allah memiliki orang-orang yang akan dibebaskan dari api neraka. 

4. Dan akan diampuni bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dan melakukan qiyamul lail dengan keimanan dan mengharap pahala yakni dosa-dosanya yang telah lewat. 

5. Dan puasa adalah perisai dari api neraka.

6. Dan bulan ini Allah khususkan untuk diturunkannya Al Quran padanya.


Diterjemahkan dari artikel berjudul "Maa Laa Yashihhu fis Shiyam -halqah 04.
oleh : Channel Telegram Dinul Qoyyim

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: