Senin, 29 Maret 2021

Kesalahan Orang Yang Berpuasa (1) - Tidak Mau Belajar Hukum Seputar Puasa




Kesalahan yang Pertama
: Tidak Mau Mempelajari Hukum-Hukum Puasa. 

Fadhilatusy Syaikh Prof. Dr. Ahmad bin Umar Baazmul hafizhahullah berkata :

Pada pertemuan kali ini insyaAllah kita akan berhenti pada satu kesalahan besar yang nampak dan menyebar diantara manusia dan terjatuh pada kesalahan tersebut akan berpengaruh besar terhadap puasa, kesalahan tersebut adalah tidak mau mempelajari hukum-hukum puasa dan apa yang terkait dengannya berupa adab-adab, sunnah-sunnah puasa dan perkara-perkara yang wajib bagi orang yang berpuasa untuk menjauhinya seperti pembatal-pembatal puasa, ghibah, namimah dan selain itu. 

Maka engkau akan mendapati seseorang dari mereka melakukan puasa dengan tanpa ilmu sehingga ia terjatuh pada perkara yang bertentangan dengan puasanya dalam keadaan ia tidak merasa disebabkan kejahilannya (ketidaktahuannya) terhadap hukum-hukum puasa dan apa yang terkait dengannya, oleh karena inilah Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda :


 رب صائم حظه من صيانه الجوع والعطش. 


"Betapa banyak orang yang berpuasa hanya memperoleh lapar dan haus dari puasanya". Hadits shahih dikeluarkan oleh Ahmad dan Al Hakim. 

Dan barangkali engkau wahai saudaraku yang mulia akan bertanya : "Bagaimana caranya aku bisa mempelajari hukum-hukum puasa?" 

Maka jawabannya adalah bahwasanya memungkinkan bagimu untuk mempelajari hukum-hukum puasa dari beberapa cara :

1. Engkau duduk di halaqah-halaqah (majelis) ilmu sehingga engkau mendengar ilmu dan mempelajarinya serta mengamalkannya. 

2. Melalui bertanya kepada para ulama tentang hukum-hukum puasa yang engkau butuhkan. 

3. Melalui mendengarkan kaset-kaset (audio) para ulama seperti Syeikh Ibnu Baaz, Syeikh Ibnu Utsamin, Syeikh Abdul Aziz Alusy Syaikh, Syeikh Al Fauzan, Syeikh Al Ghudayyan dan selain mereka yang berbicara tentang puasa dan hukum-hukumnya dan hal itu tersedia alhamdulillah. 

4. Melalui pencarian website-website salafiyyah di internet yang mengkhususkan satu bagian (kolom) yang berkaitan dengan puasa. 

5. Melalui membaca buku-buku yang menjelaskan dan membicarakan tentang hukum-hukum puasa. 

Namun bersemangatlah untuk mengambil ilmu dari ahlinya yang terpercaya. 

Sumber : Artikel berjudul "Maa Laa Yashihhhu fis Shiyam- halqah 03.

Sumber terjemah : Channel Telegram Dinul Qoyyim

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: