Minggu, 25 April 2021

Hati-Hati Pahala Puasa Berkurang




Berkata As-Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah ta'ala:

Wahai kaum muslimin, jagalah puasa-puasa kalian dari perbuatan sia-sia, keji, kedustaan dalam ucapan dan perbuatan. Karena siapa yang tidak meninggalkan ucapan dan amalan dusta maka Allah tidak butuh pada perbuatan meninggalkan makan dan minumnya (puasanya).

Tegakkan shalat pada waktu-waktunya secara berjamaah, perbanyaklah shalat, dzikir, membaca Al-Quran, sedekah dan lainnya dari amalan-amalan ketaatan. Jauhkanlah sesuatu yang Allah haramkan atas kalian seperti ghibah (menggunjing), namimah (mengadu domba), menipu, dusta, mencela dan mencaci maki. Apabila salah seorang mencelamu maka katakanlah: "Sesungguhnya aku sedang puasa". Jauhkan diri dari mendengar musik-musik dan alat-alat yang melalaikan berupa radio maupun lainnya.

Karena sejatinya puasa adalah tameng yang akan melindungi orang yang berpuasa dari dosa-dosa, dan menyelamatkannya dari api neraka. Maka barangsiapa yang berani menjerumuskan diri ke dalam keharaman-keharaman, atau meremehkan kewajiban-kewajiban di dalam puasanya maka hal itu akan mengurangi pahalanya.

Ad-Dhiya Al-Lami' (5/466).

Sumber : Channel Telegram Butiran Faedah


Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: