Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesungguhan Ibnul Qoyyim dalam Menuntut Ilmu dan Ibadah


Berkata Ibnu Katsir Rahimahullah tatkala menjelaskan  tentang biografi  Ibnu Qayyim Al Jauziyah Rahimahullah :


وَلَمَّا عاد الشيخ تقي الدين بن تيمية من الديار المصرية في سنة ثنتي عَشْرَةَ وَسَبْعِمِائَةٍ لَازَمَهُ إِلَى أَنْ مَاتَ الشَّيْخُ فَأَخَذَ عَنْهُ عِلْمًا جَمًّا، مَعَ مَا سَلَفَ لَهُ مِنَ الِاشْتِغَالِ، فَصَارَ فَرِيدًا فِي بَابِهِ فِي فُنُونٍ كَثِيرَةٍ، مَعَ كَثْرَةِ الطَّلَبِ لَيْلًا ونهاراً، وكثرة الابتهال.

وَكَانَ حَسَنَ الْقِرَاءَةِ وَالْخُلُقِ، كَثِيرَ التَّوَدُّدِ لَا يَحْسُدُ أَحَدًا وَلَا يُؤْذِيهِ، وَلَا يَسْتَعِيبُهُ وَلَا يَحْقِدُ عَلَى أَحَدٍ، وَكُنْتُ مِنْ أَصْحَبِ النَّاسِ له وأحب إليه، ولا أعرف في هذا العالم فِي زَمَانِنَا أَكْثَرَ عِبَادَةً مِنْهُ، وَكَانَتْ لَهُ طريقة في الصلاة يطليها جِدًّا وَيَمُدُّ رُكُوعَهَا وَسُجُودَهَا، وَيَلُومُهُ كَثِيرٌ مِنْ أَصْحَابِهِ فِي بَعْضِ الْأَحْيَانِ، فَلَا يَرْجِعُ وَلَا يَنْزِعُ عَنْ ذَلِكَ رَحِمَهُ اللَّهُ،

(البداية والنهاية: ١٤/ ٢٧٠)

Tatkala Syaikh Taqiyuddin Ibnu Taimiyah kembali dari Mesir pada tahun 712 H , Beliau (Ibnul Qayyim) menuntut ilmu kepadanya hingga Syaikh (Ibnu Taimiyah) wafat, Beliau mengambil ilmu yang banyak darinya, di samping kesibukannya yang telah disebutkan sebelumnya. Sehingga Ia menjadi satu-satunya yang menguasai banyak cabang ilmu, disertai semangat dalam menuntut ilmu baik di siang maupun malam hari, dan juga banyak ibadah. 

Beliau seorang yang bagus bacaan dan akhlaknya, suka mencintai , dia tidak hasad kepada siapapun dan tidak pernah menyakiti, dia tidak pernah mencela dan dengki kepada siapapun. Aku orang yang paling dekat dalam persahabatan dengannya dan yang paling dia cintai . 

Aku tidak mengetahui di dunia ini pada masa kami yang paling banyak ibadahnya dari beliau, ia memiliki cara dalam mengerjakan shalat yang ia sangat memanjangkan shalatnya, memanjangkan ruku’ dan sujudnya, hingga terkadang sebagian sahabatnya mengkritisinya , namun beliau tidak rujuk dan tidak meninggalkan amalannya tersebut , semoga Allah ﷻ merahmatinya…”

(Al Bidayah wan Nihayah: 14/ 270)

Askary bin Jamal

Jum’at, 12 Syawal 1443 H

13 Mei 2022 H

Posting Komentar untuk "Kesungguhan Ibnul Qoyyim dalam Menuntut Ilmu dan Ibadah"