Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wasiat Syaikh Utsaimin Kepada Penuntut Ilmu


Pertanyaan :

Bagaimana metode menuntut ilmu secara ringkas? Jazakumullah khairan

Jawaban Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah :

Metode menuntut ilmu secara ringkas dalam beberapa poin berikut ini :

1. Bersemangatlah untuk menghafalkan kitabullah, dan jadikanlah (ukuran) bacaan tertentu yang engkau jaga untuk konsisten dalam membacanya setiap hari, dan hendaknya bacaanmu dengan tadabbur dan berusaha memahami maknanya, dan jika nampak bagimu faedah ketika engkau membaca maka catatlah. 

2. Bersemangatlah untuk menghafal shahih sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan diantaranya adalah menghafal Umdatul Ahkam. 

3. Bersemangatlah untuk fokus dan terus-menerus dimana engkau tidak boleh mengambil sedikit ilmu dari bidang ini dan sedikit ilmu dari bidang ini (hanya sekedar menyicipi tanpa pendalaman terhadap ilmu tersebut, pent); dikarenakan hal ini bisa menyia-nyiakan waktumu dan mencerai-beraikan pikiranmu. 

4. Mulailah dengan kitab-kitab yang ringkas dan perhatikanlah dengan baik kemudian berpindahlah kepada kitab yang di atasnya hingga engkau mendapatkan ilmu sedikit demi sedikit dan supaya ilmu tersebut menancap kuat di hatimu dan menjadi tenang jiwamu. 

5. Bersemangatlah untuk mengetahui pokok-pokok permasalahan dan kaedah-kaedahnya dan catatlah setiap hal yang engkau temui dari hal-hal dari jenis ini, maka sungguh pernah dikatakan : barangsiapa yang terhalang untuk mendapatkan ushul (ilmu-ilmu pokok) maka ia akan terhalang untuk mencapainya. 

6. Diskusikanlah permasalahan-permasalahan ilmu bersama gurumu atau bersama orang yang engkau percaya ilmu dan agamanya dari kalangan teman-temanmu walaupun engkau membayangkan dalam pikiranmu bahwasanya ada seseorang yang berdiskusi denganmu dalam permasalahan-permasalahan ilmu apabila tidak memungkinkan untuk berdiskusi dengan orang-orang yang kita sebutkan tadi. 

Majmu' Fatawa wa Rasail 26/189-190.

Sumber : Channel Telegram Dinul Qoyyim


 

Posting Komentar untuk "Wasiat Syaikh Utsaimin Kepada Penuntut Ilmu"