Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Berkunjung Kepada Saudara Muslim


Rasulullah ﷺ bersabda:


*« إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ أَوْ زَارَهُ ، قَالَ اللّٰهُ لَهُ: طِبْتَ وَ طَابَ مَمْشَاكَ؛ وَ تَبَوَّأتَ مَنْزِلًا فِي الجَنَّةِ »


"Jika seorang muslim menjenguk saudaranya atau menziarahinya Allah berfirman kepadanya: 'Engkau beruntung, dan beruntung usahamu, engkau telah menyiapkan tempatmu di surga."

TAKHRIJ HADITS:

Hadits ini dikeluarkan oleh Tirmidzi di dalam Sunan-nya (4/365, no: 2008) dari Abu Hurairah. Berkata Tirmidzi: 'ini adalah hadits Hasan Gharib', dan Ibnu Majah dalam Sunan-nya (1/464, no: 1443). Dan dikeluarkan juga oleh Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad (hal: 126 no: 345), dan Ahmad di dalam Musnad-nya (2/344, no: 8517), dan Ibnu Hibban di dalam Shahih-nya (7/228, no: 2961), dan Abdun Ibnu Humaid di dalam Musnad-nya (1/423, no: 1451), dan Ibnul Mubarak di dalam Az-Zuhd (hal: 246, no: 708), dan Baihaqi di dalam Syu'abul Iman (6/493, no: 9026).


Dan hadits ini dihasankan oleh Al-Albani di dalam Shahih Al-Adabul Mufrad no: (262).

MAKNA GLOBAL HADITS:

Rasulullah ﷺ memberitahukan bahwa apabila seorang muslim membesuk saudaranya muslim yang sakit atau berkunjung kepada saudaranya yang sehat dengan penuh keikhlasan dan mengharapkan pahala maka Allah memberitakan kepadanya secara langsung dari langit atau dengan doa sebagian malaikat bahwa dia akan mendapatkan keberuntungan dalam kehidupan dunia ini dan akhiratnya kelak. Dan usahanya menjadi sebab mendapatkan keberuntungan itu dan dipersiapkan baginya tempat tinggal di surga.

FAEDAH HADITS:

1. Keutamaan berkunjung dan membesuk karena Allah Azza wa Jalla dan mengharapkan pahala dari-Nya.


2. Membesuk saudara muslim yang sakit atau mengunjunginya adalah fardhu kifayah.


3. Membesuk dan berkunjung kepada saudaranya muslim memiliki kedudukan yang tinggi dan martabat yang tinggi.


4. Membesuk dan berkunjung kepada saudaranya muslim mendatangkan kehidupan yang baik di dunia dalam bentuk qana'ah (menerima pemberian Allah), ridha dan keberkahan rezeki, lapang dada, akhlak mulia, dimudahkan mendapatkan ilmu dan mengamalkannya.


5. Diantara perkara yang akan mengokohkan kasih sayang dan menambah kecintaan adalah mengunjungi saudaranya muslim, dan itu merupakan sebab terwujudnya loyalitas karena Allah.

6. Memasukkan kebahagiaan ke dalam hati seorang mukmin lebih utama dari ibadah Sunnah.


7. Dalam mengunjungi saudaranya muslim dan membesuknya ada nasehat, pelajaran, dan peringatan untuk memanfaatkan waktu sehat dan masa hidup dengan sebaik-baiknya.


8. Dalam mengunjungi saudaranya muslim dan membesuknya ada doa yang penuh keberkahan dari para malaikat, dan janji dari yang maha pengasih lagi maha dermawan yaitu Allah Tuhan alam semesta, dan itu merupakan kemuliaan dan tujuan setiap mukmin untuk dapat dicintai oleh Allah yang maha suci lagi maha tinggi; dan Allah akan mengaruniakan baginya sebuah tempat tinggal di surga yang merupakan tempat tinggal abadi.


Maka hendaknya waspada dari menjadikan kunjungannya dan membesuknya karena basa basi; akan tetapi seharusnya tujuannya adalah mengharapkan pahala dan memasukkan kebahagiaan ke dalam hati saudaranya muslim dengan kunjungannya itu; dan mendoakannya dengan kesembuhan jika dia sakit; dan membantunya, membimbingnya dan meluruskannya jika dia dalam keadaan sehat.


9. Berkunjung memiliki banyak faedah selain pahala yang besar, yaitu akan menyatukan hati, mempertemukan orang-orang, pengingat bagi yang lupa, peringatan bagi yang lalai, pelajaran bagi yang jahil. Adapun membesuk saudaranya muslim juga ada beberapa kemaslahatan dan kemanfaatan, diantaranya: memenuhi hak muslim atas muslim lainnya, mengingatkannya kepada Allah dengan bertaubat kepada-Nya, berwasiat, dan lain sebagainya.

SUMBER BACAAN:

▪️ Mirqatul Mafatih (3/1136, no: 1575), dan (5/268, no: 1589), dan (8/3140, no: 5015).

▪️ Hasyiah As-Sindiy Ala Sunan Ibni Majah (1/441, no: 1443).

▪️ Tuhfatul Ahwadzi (6/124).

▪️ Syarah Riyadh As-Shalihin, Ibnu Utsaimin (3/243)

▪️ Dalilul Falihin (3/225, no: 3362)

▪️ Aunul Ahad As-Shamad, Zaid Al-Madkhali (1/389).


🖋️ Disusun oleh: Muhammad Sholehuddin hafizhahullah.

🖥️ Artikel lainnya: t.me/butiranfaedah



Posting Komentar untuk "Keutamaan Berkunjung Kepada Saudara Muslim"