Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bulan Rajab adalah Bulan Mulia


Hukum Hukum Seputar Bulan Rajab (1)

Fadhilatusy Syaikh Prof Dr Ahmad bin Umar Baazmul hafizhahullah berkata :

Bulan Rajab merupakan salah satu dari bulan-bulan haram yang empat yaitu : Muharram, Rajab, Dzulqa'dah dan Dzulhijjah. 

Allah Ta'ala berfirman :

﴿إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثۡنَا عَشَرَ شَهۡرٗا فِي كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوۡمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَ مِنۡهَآ أَرۡبَعَةٌ حُرُمٞۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلۡقَيِّمُۚ فَلَا تَظۡلِمُواْ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمۡۚ وَقَٰتِلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ كَآفَّةٗ كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمۡ كَآفَّةٗۚ وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلۡمُتَّقِينَ ٣٦﴾

"Sesungguhnya bilangan bulan-bulan dalam hukum Allah dan dalam catatan yang tertulis di lauhil mahfuzh ada dua belas bulan, pada hari Allah menciptakan langit dan bumi. Diantaranya ada empat bulan haram yang Allah mengharamkan peperangan di dalamnya, (yaitu bulan, dzulqa'dah, dzulhijjah, muharram, dan rajab). Demikianlah agama yang lurus. Maka janganlah kalian menzholimi diri kalian di dalam bulan-bulan tersebut lantaran tingkat keharamannya bertambah dan dikarenakan perbuatan zhalim padanya lebih parah dibandingkan bulan lainnya, bukan berarti kezhaliman di bulan lain boleh. Dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka telah memerangi kalian semua. Dan ketahuilah, bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa dengan dukungan dan pertolonganNYa. (At Taubah :36).

Maknanya adalah bahwasanya bulan-bulan haram ini ditekankan padanya upaya menjauhi hal-hal yang diharamkan, dan tidak halal pada bulan-bulan tersebut memerangi orang-orang kafir dikarenakan itu merupakan bulan yang diharamkan untuk berperang padanya. 

Dan bulan-bulan haram tidak ada peperangan padanya kecuali jika mereka (orang-orang kafir) memulai memerangi kita atau terjadi peperangan sebelumnya dan terus berlangsung hingga bulan haram.

Dan bulan-bulan yang empat ini disebut bulan haram; dikarenakan besarnya kemuliaannya sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu anhuma : "Allah mengkhususkan empat bulan yang dijadikan sebagai bulan haram dan mengagungkan kemuliaannya dan menjadikan dosa yang dilakukan padanya lebih besar serta menjadikan amalan shalih dan pahalanya lebih besar".

Sumber : Khutbah berjudul "At Tahdzir min Bida'i Rajab".

Artikel dari Channel Dinul Qoyyim 


Posting Komentar untuk "Bulan Rajab adalah Bulan Mulia"